Minggu, 17 Agustus 2008

Sepupu itu bukan mahram(muhrim)..

kayanya masih banyak yang menganggap kalau sepupu itu mahram..
ada juga yang udah tau bukan mahram tapi memperlakukan sepupu seperti saudara kandung..
mereka bilang : kan dia abang saya..kan dia adik saya..
dan orang sekitar pun biasanya memaklumi kalo ada yang sepupuan (yang lawan jenis) lagi bedua2an..
mereka anggap wajar..
padahal,,itu serem banget!!>.<

bagi mereka yang keluarga besar n kekerabatannya sangat erat, biasanya agak sulit untuk menjaga..termasuk saya..:(
mana serumah lagi ma sepupu2..heuheu..
tapi saya usahakan untuk selalu berjilbab di depan mereka..
untuk interaksi pun perlu dijaga..
karena walaupun mereka sepupu, perasaan ketertarikan ke lawan jenis bisa aja terjadi..
kalau udah terjadi,apalagi sama-sama suka,,wuih,,bahaya ituh..
apalagi kalo sering serumah..
mudah-mudahan saya dan sepupu2 saya selalu dilindungi dan diberikan petunjuk-Nya selalu..
aamiin..

memang awalnya berat untuk memulai menjaga interaksi dengan saudara2 dari keluarga besar..apalagi emang deket..
tapi setelah "berat" itu insyaAllah jadi ringan..
teruslah berjuang..n just believe : Allah always beside you..:)

jangan pedulikan kata-kata orang yang tidak mengerti agama..
tetap pertahankan selama itu kamu anggap sesuai syar'i..
tapi jangan bosan untuk mengkaji terus..
siapa tau yang kamu anggap syar'i ternyata tidak begitu..

CMIIW

8 komentar:

Wisnu Manupraba mengatakan...

hihihi...

aku juga kayak gitu, lebih parah malah :D kadang mandi bareng dulu...

tapi sama sepupu yang sama-sama cowok :D

hehehe, tapi emang gitu sih, aku juga keluarga besar, jadinya sering 'buka-bukaan' gitu, thanks for the nice article ;)

Unknown mengatakan...

Hmmm, makasih udah diingetin dir. Mesti rada jaga jarak nih ama sepupu cewe. -_-

Unknown mengatakan...

yang saya tau (yang diajari guru agama sma) dan diyakini sampe sekarang sepupu yang mahram itu yang dari anak laki2(beda jenis) dari saudara kandung laki-laki dari ayah. anak om(tapi dari ayah) gampangnya :D

Anonim mengatakan...

Emang sepupu tuh bukan mahram. Banyak kok sodara2 gw yang nikah sama sepupunya...

Btw, gw pernah loh ke tempat kmu.. waktu itu udah kenalan juga sama sepupu2 kamu,, tapi sekarang udah lupa semua namanya sapa.. yang masih inget cuma dena doang (bukan dik doang)

Anonim mengatakan...

Dulu aku kaya gitu juga, menjelajahi sawah yg ditanami jagung setinggi badan ketika hujan, manjat pohon, petak umpet dll padahal 3 orang sepupuku ini cewe hehe..

Setelah dewasa, mereka bertransformasi menjadi magnet! klo cowo kutub utara mereka kutub selatan.. harus lebih waspada emang. Untung sejak kecil tumbuh bareng jadi pengaruh magnetnya ga terlalu kuat, cenderung netral.

D'Luffy mengatakan...

Pingin sharing ajah, pas nemu..hehe .. Ini aku kutip dari sebuah buku (bukunya juga ngutip dari
buku lain..) :)

Dari Umar bin Khaththab Radhiyallahuanhu :"Janganlah kalian menikah dengan orang kerabat
dekat, karena anak yang lahir (dari pernikahan antara kerabat dekat) akan lemah fisiknya."
Maksudnya adalah kurus dan lemah tubuhnya serta memiliki tingkat pemahaman dan kecerdasan
yang rendah. (DR. 'Abdullah Nashih 'Ulwan, Tarbiyatul 'Aulad fil Islam, hlm 44).

Silahkan mungkin bisa dicek lagi oleh sahabat2 skalian, Googling, cari di buku lain, ato
dari manalah.. Ok :)

Anonim mengatakan...

baru liat,
baru baca,

bagus blog nya, dir...
seneng bacanya...

:)

Anonim mengatakan...

Baru sadar. Trimakasih karena udah sharing. Aku gatau yakin mahram atau bukan sebelumnya :( dia beda 1 tahun sama saya. Sering main ber3 kadang, sama sepupu perempuan (kakaknya) sama dia dan kita dekat banget semuanya. Tapi keluarga besar anggepnya mahram. Bahkan mereka gatau kalo bisa nikah. Jangankan di dalem rumah pake hijab. Keluar pun dgn hijab yg spt ini masih di komentari habis2an. Jadi bingung .. ukh