Selasa, 29 Juli 2008

Billiard..Nyodok..Hobiku di masa itu..

Yah,,inilah salah satu olahraga kesukaan saya..dulu saya sering main ke tempat-tempat billiard di mall..(kalo yang pinggir jalan mah serem euy!)

Walaupun sudah pakai jilbab (masih pake celana cargo sih), saya tak malu untuk masuk ke tempat tersebut.

Karena saya pikir,billiard itu termasuk salah satu jenis olahraga. Dan olahraga itu dianjurkan. Jadi apa salahnya main billiard?Kalo masalah imej tempatnya,,ya itu kan tempatnya aja yang sering dipake maksiat..asalkan kitanya ga ikutan maksiat ya ga apa-apa toh?lagian,ga ada tuh dalil yang bilang kalo billiard itu dilarang..kalo masalah dijual khamr,saya masih berpikir memang sebagian uang sewa mejanya bakal jadi modal buat dibeliin khamr,tapi saya punya pembenaran : ya itu salah si yang punya toko atuh!orang dia yang beli khamrnya!..so,have fun saja!

Saya yang sekarang berpikir…

Memang billiard itu tidak salah. Yang salah adalah imej tempat-tempat billiard itu yang biasanya dipakai untuk maksiat juga : pacaran(yang berlebihan tentunya)atau malah lebih??hiiiyy,,tabaruj(pelayannya itu bo..seragam teh meni nanggung pisan bahannya!cw2 yg suka maen juga biasanya pake baju sangeunahna,make –up tebel..heuheu),minum khamr(yang ini mah biasanya dijual di setiap tempat billiard yang pernah saya datangi,belum nemu yang ga jual alkohol),merokok(dulu saya nyari yang no smoking area.tapi berhubung jarang banget yang ada no smoking areanya,ya terpaksa bersebelahan sama yang merokok,temen-temen main billiard saya pun kadang ada yang merokok..heuheu.menyebalkan..)..imejnya dalam selang rada jelek sampe dengan jelek pisan lah pokoknya..

Dengan penampilan yang berjilbab ini saya mendatangi tempat dengan imej tersebut, apakah otak orang-orang yang melihat tidak berpikir yang tidak-tidak?bisa aja mereka malah bawa-bawa ajaran islamnya (karena saya membawa simbol islam dengan jilbab).mungkin sudah biasa melihat cw berjilbab gaul main billiard,,hampir biasa pula berjilbab gaul menghisap rokok..tapi dengan penampilan jilbab panjang,baju gombrang,pake rok,lalu main billiard di tempat billiard yang umum,,apa kata orang?..berarti termasuk hal yang dikhawatirkan menimbulkan fitnah kan?..ya,lebih baik dijauhi lah…walaupun ada beberapa teman saya yang bilang “lo hebat dir,masih mau maen billiard.ga ada salahnya kan maen billiard?asal kitanya aja ga macem2 aja.kalo akhwat kan biasanya ga mau maen billiard(takut dosa)”..untuk halal haram,,yang saya tau ada dalil yang mengatakan bahwa kita tidak boleh mendatangi tempat yang disediakan khamr di dalamnya..kalau benar dalil tersebut ada,berarti dateng ke tempat billiard tuh dilarang donk?”secara”di sana teh dijual khamr..hmm..berarti,sebagian dari uang kita yang dipakai sewa meja itu,dipakai juga buat beli khamr donk??..hwaa….ga ridho…>,<

Ya sekarang mah selama ga ada kepentingan yang penting,sebaiknya saya tidak main ke sana lagi. Kalau Cuma sekedar ingin main,ya bersabarlah sampe saya bisa beli meja sendiri..(haha..mimpi..)

Btw,,ada ga ya,,tempat penyewaan meja billiard tapi ga dijual khamr,ga dipake maksiat,dll?

Buat teman-teman yang dulu suka bermain bersama saya,maafkan kalau saya menolak ajakan kalian untuk bermain billiard lagi..mohon pengertiannya..terima kasih..

(jadi pengen punya meja billiard sendiri,,,>.<,,,)

21 komentar:

Lafrania mengatakan...

bisalah beli meja billiard sendiri.
nanti kalo udh ada, jgn lupa ngajak2 main. ajarinlah kk :D

anton mengatakan...

kalo enggak install aja gim biliar3D di komp.. lmyn bwt pelampiasan mah hehe..
Bwt menambah kesaktian biliar jgn lupa baca komik "Break Shoot".. @_@

reezkasphere mengatakan...

Olahraga yang disunnahkan itu ada 3 kalo ga salah, diantaranya beladiri, memanah dan berkuda. CMIIW.

Makanya pas TPB ikutan pencak silat, tapi setelah itu ga ada tindak lanjut hihi..

Sekarang malah suka badminton, well sebenernya kalo di liat liat tidak ada satupun olahraga yang benar2 saya suka, nothing, kesukaan saya pada badminton akhir - akhir ini, menurutku itu suatu kemajuan besar.. hehe..

Mengenai billiard, hmm.. what can i say? kalo dalam islam sih, "salah satu tanda dari kebagusan islam seseorang ialah dia meninggalkan hal2 yang tidak bermanfaat bagi dirinya" your choice and the reason why you left it, it's nice to hear.

Btw, olahraga yang mirip ama billiard, dan bisa dimainkan di rumah menurut saya, KARAMBOL. Emm, mirip2 aja kan, bukankah cuma kontrol power, dan akurasi saja? hehe.. well, ga bisa dibandingkan banget kali yak. :D

D'Luffy mengatakan...

Syukurlah klo ndak ke tmpt2 biliard lagi..
Seorang muslim emang seharusnya menjauhi tmpt2 yg dpt membuatnya terjerumus...
Cara yg ampuh biar gak ke tmpt2 "aneh" ya gaulnya ama orang yg kira2 baek,
jd nanti kita kbawa2
baek jg... hehe :)

Moga2 smua komen qu membrikan manfaat... yooo...

Unknown mengatakan...

@luvly riska
AFAIK, bukan beladiri tapi renang.
coba cek lagi.

Anonim mengatakan...

yup..
renang..
(udah lama banget ga renang inih)..
kolam renang muslimah jauh2 euy!
hiks..

Fajar Fauzi Hakim mengatakan...

kayak sayah, karena maen game online di warnet bikin boros, jadi termotivasi untuk punya warnet sendiri ^_^.

tempat main billiard yang 'aman' seharusnya bisa jadi peluang bisnis yang bagus tuh (apa bikin aja di DKA ya? hmmmm)

Anonim mengatakan...

Wakakaka, akhirnya mengerti awak maksud ekspresimu waktu makan2 di WS.(waktu kamu bilang bowling yuk, gw bilang biliar aja, inget g?).

Ternyata kemarennya barusan posting ini hehe, pas bgt y..

Anonim mengatakan...

Sekarang baru komen tulisannya,,

Pas bgt baru kemaren gw ke barcode. Murni niat olahraga dan senang2 lhoo, bukan yg macem2. Lagian gw kesananya ma cowok2 juga. -__-

Klo menurut gw, tempat biliard sekarang tuh uda lebih baik dari imagenya dulu. Image biliar parahnya sampe kita smp/awal smu, waktu belum ada tempat biliar yg di mall2, masih ditempat2 pinggir jalan. Klo itu emg parah.

Biliar jadi tempat pacaran berlebihan? Keknya g ampe segitunya, tempat biliar tuh masih terlalu terang, hohoho. Malah klo mau dibandingin, bioskop jauh lebih parah. Masih lebih banyak yg memilih grepe" di bioskop daripada ditempat bl. >_<

Pelayannya pake baju seksi, yg maen juga? Perasaan pelayannya kebanyakan cowok. Klo yg maen pake baju ga benernya bener. Tapi namanya juga diBandung, dari di angkot juga 'nemu' yg begitu. Itumah gmn kitanya aja dalam menjaga pandangan, hohoho.


Jadi klo menurut gw sih, yang paling buruk dari biliar justru karena faktor biliar itu sangat merusak mata, tepatnya mata pencaharian.

*Komen gw asa jadi suara oposan gini.

Anonim mengatakan...

Komen sekali lagi deh, nanggung.

Klo mo tempat biliar yang (rada) bersih, datengnya jangan malam2 tapi pas baru buka bgt, ba'da dzuhur.

Biasanya sejam pertama tempat biliar buka tu masih kosong bgt. Bebas rokok & bebas tontonan2 aurat. Dah kayak punya meja sendiri koq. ^^

Sayangnya kmu dah g maen y, sama aja boong ni. Hoho.


Btw,
Walaupun ada beberapa teman saya yang bilang "lo hebat dir, ..."
Masak sih, perasaan biasa ajah.

Anonim mengatakan...

@irfan..
mau minta komennya tentang dalil yang bilang dilarang mendatangi tempat yang disediakan khamr didalamnya..
sama : menjauhi fitnah..(apa otak orang2 ga berpikir aneh2 kalo ngeliat akhwat berjilbab panjang dateng ke tempat biliard?maen pula..mending kalo cuma sekedar pikiran masing2,coba kalo udah jadi fitnah?)
emang ga semua tempat bilyar itu seperti yang saya sebutkan.tapi kan imej yang udah tertanam di otak orang banyak yg jadi masalah..
situ kan cowo..ga begitu masalah mungkin..paling yang masalah tu khamrnyah..

Anonim mengatakan...

Weleh dir, Justru bagian situnya sengaja g dikomentarin. Inimah bukan ngomentarin komen gw namanya. >_<

Yasud, kira2 pendapat gw kek gini:

1) Tentang dalil yang bilang dilarang mendatangi tempat yang disediakan khamr didalamnya.. (Ini termasuk supermarket2 ma warung dipinggir jalan dago tempat gw beli teh botol g?, huehehe bcanda2.)

Yah, jadi intinya gw sih belum pernah denger tentang dalil tsb. Yang pernah tu, tentang nabi melaknat 10 golongan yg berhubungan dgn khamr: 1)yang membeli 2)yang menjual 3)yang meminum 4)yang menuangkan 5)yang mengantar 6)yang diantarkan 7)yang minta diantarkan 8)yang minta dibelikan 9)[lupa1] 10)[lupa2]. (lupa# != mendatangi tempat yang disediakan)

Selain itu yang sering denger juga (sepertinya yg ini dalilnya plg kuat), dalil yg berbunyi kira2 setetespun jangan meminum khamr dan jangan menjualnya.


2) Menjauhi fitnah,,
Klo kmu menilainya seperti itu ya sudah, boleh2 aja. (Toh g disinggung juga di komen sebelumnya)

Tapi klo mw minta pendapat gw y, gw klo ngliat akhwat ditempat biliar ya biasa2 aja tu. Kira2 sama aja keknya sama ngliat orang-g-dikenal siapa-pun-itu bersliweran di mall, ato di tempat bowling, ato mungkin di game center (yg terakhir blum pernah sih, hehe). Masalahnya y, gw dan temen2 kesana ya emang pengen maen biliar. Klo emang ngliat cewek/akhwat/perempuan disana anggep aja itu sebagai bonus(eh, yang ini khusus temen2 gw ding). Pokoknya kitamah g pernah ampe segimananyalah apalagi ngomongin (masak org g kenal diomongin, emgnya situ artis).

Lagian, imej orang-orang yang biasa ke tempat biliar tentang tempat biliar di mall2 tu y emang udah biasa aja, g jelek.. Akhwat yg dateng ke tempat biasa, y gpp to?

Jadi, menurut gw, fitnah2 tsb, kalaupun ada, justru lebih mungkin timbul di omongan2 orang yang g tau aja tempat biliar itu kayak gimana... Jadi solusinya, klo mau menjauhi fitnah dan ke tempat biliar, datengnya harus diam2, jgn sampe orang-orang luar pada tahu, wakakaka.


Eh, Sebenernya yg tadi pagi tu, cuma mw komen tentang imej tempat biliar lho.. Ngasih tw aja klo gw g sependapat ama imej yang kamu tulis (setidaknya di tempat biasa maen). Khawatir aja, ntar orang2 yg sebenarnya g tw isi tempat biliar pada menilai orang2 yang suka maen kesana, termasuk gw, gimanaaaa gitu.. (Ini menimbulkan fitnah juga g namanya).

Atau memang, menurut kmu seperti itu???

Btw, komen gw klo dikumpulin kayaknya uda jadi postingan nih. Hahaha.

Maap klo ada salah dan ada yang tersinggung.

-------------
Klo yang ini nyontek dari tulisan di blogmu dir, pengen aja nyontek:

hidup itu pilihan.
kau harus memilih hidup seperti apa yang akan kau jalani.
dan jangan pernah menyesal atas apa yang kau pilih.
Banggalah atas pilihanmu..
dan jadilah dirimu sendiri.

Hidupmu adalah hasil pemikiranmu

reezkasphere mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
reezkasphere mengatakan...

Renang ya... hmm.. belum nge cek lagi sih, whuaa.. satu semester means nothing. gpp yg penting niatnya -___-; [menghibur diri..]

wedew..
emang kalo dibahas bisa, panjang dan lama, mending klo choki2, panjang dan lama rasanya tetep enak walopun kalo kelamaan eneg juga sih.. hehe.

Quote
" 5)yang mengantar 6)yang diantarkan 7)yang minta diantarkan 8)yang minta dibelikan 9)[lupa1] 10)[lupa2]."

emm, tanya kalo nganterin itu mendatangi ato engga ya? hoho..
(well bisa aja si bilang dianterin sampe mana gitu, but, Please boy, dont gimme that excuse.. hehe..)

Tambahan lagi klo nganterin aja ga bole, minta dibeliin juga ga bole, apalagi mendatangi??
[now boy, dont gimme any excuse,, ^^;]

Rambut bole sama item tapi isi kepala orang itu beda2. Dan kalo kata siapa-gua-lupa teko itu hanya mengeluarkan isinya. Kalo isinya anggur, memabukkan, klo berisi tea-ginger-honey whew.. bikin suegerr.. klo berisi air cucian, yuu nyuci yuu.. [ jangan diminum yang ini mah, mampus ntar huehehe.. ]

Whuaa.. my brain is getting rusty, jarang baca buku, isi tekonya mulai keruh.. T_T;

rahmat.agrimedika mengatakan...

asw.
untuk jawaban buat irfan, anonim, dan luvly riska mengenai larangan mengenai larangan mendatangi tempat yang disediakan khamar di dalamnya adalah seperti di bawah ini:

o ya, ini perkataan yang jelas dari rasul bukan berupa pendekatan dari 10 golongan yang dilaknat mengenai khamr. jadi dalil ini dari nash asli.

an umar bin khotob, koola rasul saw: "man kaana yu'minu billahi wal yaumil aakhiri, fa laa yaq'udanna 'alaa maaidatin yudaaru 'alayhal khomr.

artinya: dari umar bin khotob, berkata rasul saw. : barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, maka janganlah duduk di meja hidangan yang dikelilingi khomr di dalamnya.

hadist ini dimasukkan oleh ulama ke dalam bab larangan memasuki majlis yang di dalamnya terdapat khomr.

semoga bermanfaat.

Anonim mengatakan...

weleh, ternyata lo suka billiard. kata guru sma saya sih ada tuh tempat billiard yang no smoking, no alcohol, dan no baju sapotong. klo ga salah di daerah sukarno-hatta. itu tempat emang kusus buat orang2 yang mau serius maen billiard. cuma katanya sih di sana jago2 banget. calon2 atlit semua katanya. jadi klo masih pemula rada malu maen2 di sana. hehe

Anonim mengatakan...

Humm..gada yang salah sama olahraga billiard..

Kalo ada yang bilang olahraga yg disunahkan cuma 3, berkuda, beladiri dan memanah saja, lantas olah raga lain tidak dilakukan adalah salah..

Yang saya tau juga rosul pernah bersabda, bertamaddun lah sesuai jamannya. CMIWW

jadi ya hiduplah sesuai jamannya anda berada, dengan menjaga norma2 agama lah.

Untuk si mbak, di malaysia ada tuh tempat maen billiard keluarga. Yang ga remang2, gada wanita2 "kacau". Memang untuk keluarga. Tapi saya ga pasti ada jual minuman keras atau tidak.

Mungkin disini belum ada aja yg berani ngebuat hiburan keluarga yang seperti itu.

imam sujarwo mengatakan...

maaf jauh2 ikut nimbrung nih...
ckckcck saluuut...buat anda..
kmrn hbs main billiard..eeh tiba2 dlm benakku kepikiran ada gk ya seorang akhwat yg bs main billiard jg????^_^
pagi2 aku search di mbah google nemu "ceritamu" so cool deh...
hmmm....kebetulan domisili tmpat aku tinggal,tmpat2 billiard msh wajar2 sj,msh banyak yg tmpat yg steril dari Alkohol dan yg nglayanin jg cowok biasa...
so...kalo mau main lagi datang ke salatiga sj..hehe..
atau kalo gk qt nabung bareng yuuk buat beli meja billiard (belinya patungan)..hehe

alsa mengatakan...

Siip

Anonim mengatakan...

Assalamu’alaikum, kalau mau maen billiard bebas dr asap rokok dan khamr silahkan maen ke coffee shop kita @genbcoffee di area @kuldesakvillasbdg, insyaaAllah lebih private☺️🙏🏽

X listrik 2 mengatakan...

Itu haram ga si